Abstract:
Adapun tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk menganalisis perilaku
konsumen dan proses pengambilan keputusan pembelian kacang bendi di Brastagi
Supermarket Medan.2). Untuk menganalisis pengaruh faktor harga (X1),
pendapatan (X2), jumlah tanggungan (X3) dan tingkat pendidikan (X4) terhadap
permintaan kacang bendi konsumen di Brastagi Supermarket Medan. Penentuan
lokasi penelitian dilakukan dengan sengaja (Purposive), . Metode pengambilan
sampel yang digunakan adalah metode accidental sampling dengan jumlah
sebanyak 30 orang responden. Perumusan masalah pertama menggunakan analisis
deskriptif dengan menganalisa kriteria perilaku konsumen sehingga dapat
menentukan tingkat perilaku konsumen. Perumausan masalah dua dianalisis
dengan analisis regresi linier berganda.
Dari hasil penelitian diperoleh alasan konsumen melakukan pembelian
kacang bendi dengan hasil 73% responden setuju yang mana mereka melakukan
pembelian karena kebutuhan dan selanjutnya yang mempengaruhi pembelian
konsumen adalah faktor Mamfaat yaitu 60% responden menyatakan sepakat untuk
alasan melakukan pembelian karena mamfaat dari kacang bendi. Sedangkan untuk
alasan faktor rasa dan kemasan responden menyatakan tidak setuju. Terkait
dengan hasil uji statistik secara serempak diperoleh nilai signifikan 0,000<0,05
dan nilai f-hitung lebih besar dari pada f-tabel (6,831> 2,74), artinya secara
serempak ada pengaruh yang nyata antara Harga (X1), Pendapatan (X2), Jumlah
Tanggungan (X3) dan Tingkat Pendidikan (X4). Bahwa Dari hasil uji parsial
diperoleh bahwa variabel Harga (X1) tingkat pendapatan (X2) dan tingkat
pendidikan (X4) berpengaruh secara signifikan atau nyata terhadap keputusan
konsumen dalam melakukan pembelian kacang bendi sedangkan untuk variabel
jumlah tanggungan (X3) tidak berpengaruh secara signifikan atau nyata terhadap
keputusan pembelian kacang bendi.