Abstract:
Penelitian ini dimulai pada
bulan September - November 2021 di Pasar Raya MMTC Medan. Penelitian ini
bertujuan mengetahui perilaku konsumen berdasarkan harga cabai rawit putih /
cabai burung, pendapatan , jumlah anggota keluarga, dan seleraserta faktor-faktor
yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap pembelian cabai burung/cabai
rawit putih (Capsicum Frutescens) di kota Medan (studi kasus:Pasar Raya MMTC
Medan). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Lokasi
penelitian di Pasar Raya MMTC Medan. Metode pengambilan sampel yaitu
metode accidental sampling yaitu berjumlah 30 konsumen Pasar Raya MMTC
Medan. Informasi yang dikumpulkan berupa primer dan sekunder. Metode
analisis data yang digunakan yaitu Analisis Regresi Linier Berganda
menggunakan aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel
harga cabai rawit putih / cabai burung, pendapatan , jumlah anggota keluarga, dan
selera berpengaruh positif dan negatif terhadap perilaku konsumen terhadap
pembelian cabai burung/cabai rawit putih (Capsicum Frutescens) di Kota Medan
(studi kasus: Pasar Raya MMTC Medan). Pada hasil koefisien determinasi
diperoleh nillai R Square sebesar 0,872 berarti 87,2% variabel perilaku konsumen
dapat dijelaskan oleh variabel harga cabai rawit putih / cabai burung, pendapatan ,
jumlah anggota keluarga, dan selera. Sedangkan sisanya 12,8% dapat dijelaskan
dalam variabel- variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.