Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar siswa pada materi persamaan dasar akuntansi di kelasX OTKP 1 SMK PAB 12 Saentis. Model pembelajaran flipped classroom adalah model pembelajaran terbalik yaitu siswa menerima materi pembelajaran sebelum dimulainya pembelajaran melalui video pembelajaran, powerpoint dan beragam media yang disediakan guru, sehingga ketika proses pembelajaran berlangsung guru hanya sebagai fasilitator.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pebelitian analisis regresi ( regression analysis ). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X OTKP SMK PAB 12 Saentis yang berjumlah 80 siswa. Sample yang diambil dalam penelitian ini adalah random sampling (sample acak berkelompok) yang terdiri dari 39 siswa di kelas X OTKP1 SMK PAB 12 Saentis.
Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siswa dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar siswa pada materi Persamaan Dasar Akuntansi di kelas X OTKP SMK PAB 12 Saentis dengan perolehan nilai tes hasil belajar dan angket siswa siswi pada proses pembelajaran yaitu pada kelas X OTKP 1 menunjukkan rata-rata nilai angket adalah 78,90. Nilai rata-rata siswa kelas X OTKP 1 dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom nilai rata-rata tes mengalami peningkatan menjadi 85.28 dan termasuk dalam kateori tinggi.
Dengan demikian, diperoleh nilai thitung = 5,408 > ttabel = 2,245 dengan probabilitas = 0,05. Sehingga diketahui bahwa hipotesis H0 ditolak danhipotesis Ha diterima, karena thitung > ttabel = 5,408 > 2,425 atau ttabel < thitung = 2,245
< 5,408. Dengan adanya pernyataan diatas maka penelitian yang dilakukan dapat menjawab rumusan masalah yang sudah di tentukan sebelumnya.