Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji dan menganalisis tarif pajak efektif dan mekanisme bonus terhadap transfer preacing pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sedangkan sampel yang memenuhi kriteria penarikan sampel pengamatan yang dilakukan selama lima tahun dan sebanyak sepuluh perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial tarif pajak efektif berpengaruh signifikan terhadap Transfer Pricing, mekanisme bonus tidak berpengaruh terhadap Transfer Pricing. Secara simultan tarif pajak efektif dan mekanisme bonus berpengaruh signifikan terhadap Transfer Pricing pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia