DSpace Repository

STRATEGI BRANDING DAN SPREADABILITY PODCAST UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PENDENGAR

Show simple item record

dc.contributor.author SYAHPUTRA, NANDA
dc.date.accessioned 2022-05-27T02:53:59Z
dc.date.available 2022-05-27T02:53:59Z
dc.date.issued 2022-05-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17942
dc.description.abstract Podcast merupakan media audio baru yang membuka ruang baru bagi masyarakat untuk berkarya. Podcast memiliki daya tarik yang tinggi di Indonesia khususnya di awal tahun 2019. Penelitian ini menemukan dua strategi utama dalam pengelolaan podcast yaitu strategi branding mengedepankan unsur ciri khas, spreadability dengan menekankan pada promosi konten dan kolaborasi podcast. Referensi informasi dari berbagai sumber buku dan bacaan serta narasumber dari beberapa podcaster seperti Dengar Sambil Tidur, Kita Cerita Aja, Cari Aku Nanti Disini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi branding, spreadability, podcast dalam meningkatkan jumlah pendengar. Branding merupakan gabungan dari berbagai usaha atau kegiatan komunikasi yang direncanakan dan diaplikasikan oleh perusahaan untuk membangun atau membesarkan suatu merek agar dikenal lebih luas oleh masyarakat. Spreadability dalam studi media bisa diartikan sebagai proses penyebarluasan atau sirkulasi informasi pada sebuah platform media seperti Instagram, Whatsapp, Twitter dan platform aplikasi penyedia podcast seperti Spotify, Anchor, Noize, Apple Podcast, Google Podcast, dan Youtube. Metode penelitian ini mengguankan pendekatan kualitatif. Berdasarkan temuan peneliti dalam hasil data wawancara yang telah peneliti peroleh dapat dipaparkan bahwasanya, startegi branding dan spreadability podcast untuk meningkatkan jumlah, sudah dilakukan oleh beberapa podcaster walaupun masi menemui masalah dan hambatan, namun masalah dan hambatan itu mampu ditangani dengan baik dan beberapa dari masalah tersebut mulai menemui solusinya en_US
dc.subject Branding en_US
dc.subject Podcast en_US
dc.title STRATEGI BRANDING DAN SPREADABILITY PODCAST UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PENDENGAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account