Abstract:
Tujuan dari
Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Strategi
pengembangan Usaha Pengrajin Tahu Bandung Kecamatan Balai Jaya
Rokan Hilir dalam meningkatkan omset penjualan melalui analisis SWOT
Dan Faktor Internal da Eksternal dalam Pengembangan Usaha Pengrajin
Tahu Bandung Kecamatan Balai Jaya Rokan Hilir Penelitian ini Berlokasi
di Desa Bagan Bhakti Kecamatan Balai Jaya Kabupaten Rokan Hilir.
Pemilihan lokasi ini dilakukan secara sengaja. Pengumpulan data
dilakukan dengan mengadakan observasi , wawancara, dokumentasi.
Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data
sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian deskriptif dan analaisis deskripstif kulitatif dengan
menggunakan skala likert.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam
matriks IFAS menunjukan bahwa faktor kekuatan dan kelemahan
memiliki total skor 2,59 hal ini mengindentifikasi bahwa Usaha Pengrajin
Tahu Bandung berada pada posisi internal yang begitu kuat, dimana usaha
ini memiliki kekuatan internal baik dari segi produk dan strategi.
Selanjutnya di dalam matriks EFAS menunjukan bahwa faktor peluang
dan ancaman memiliki total skor 2,72 Posisi pada kuadran ini sangat
menguntungkan dapat dipasarkan secara maksimal dengan menerapkan
kebijakan bauran pemasaran seperti kebijakan produk, kebijakan harga,
kebijakan tempat dan kebijakan promosi serta mempertahankan dan
meningkatkan kualitas pelayanan yang mendukung pertumbuhan yang
agresif dari produk Usaha Pengrajin Tahu Bandung.