Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pemasaran pupuk NPK
dilihat dari aspek orientasi pasar, inovasi produk, dan efektivitas saluran distribusi
serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pemasaran pupuk
NPK pada PT. Saraswanti Anugerah Makmur Tbk Medan . Metode penelitian
yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Lokasi penelitian di PT. Saraswanti
Anugerah Makmur Tbk Medan. Metode pengambilan sampel yaitu metode
random sampling yaitu berjumlah 50 konsumen PT. Saraswanti Anugerah
Makmur Tbk Medan. Informasi yang dikumpulkan berupa primer dan sekunder.
Metode analisis data yang digunakan yaitu Analisis Deskriptif dan Analisis
Regresi Linier Berganda menggunakan aplikasi SPSS 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel orientasi pasar, inovasi
produk, dan efektivitas saluran distribusi berpengaruh positif terhadap kinerja
pemasaran pupuk NPK pada PT. Saraswanti Anugerah Makmur Tbk Medan.
Variabel-variabel ini berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja
pemasaran pupuk NPK. Pada hasil koefisien determinasi diperoleh nillai R Square
sebesar 0, 831 berarti 83,1% variabel kinerja pemasaran dapat dijelaskan oleh
variabel orientasi pasar, inovasi produk, dan efektivitas saluran distribusi.
Sedangkan sisanya 16,9% dapat dijelaskan dalam variabel-variabel lain yang tidak
diteliti dalam penelitian ini.