dc.description.abstract |
REISKY DIAN (1704300137/AGRIBISNIS) dengan judul skripsi
ANALISIS PEMASARAN DODOL GARUT DI CV. RITANAH (Studi Kasus:
Desa Tumpatan, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang). Penelitian ini
dilakukan di CV. Ritanah, tepatnya di Desa Tumpatan, Kecamatan Beringin,
Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. Ir. Mhd
Buhari Sibuea, M.Si. selaku Ketua Komosi Pembimbing dan Bapak Ir. Dewa Putu
Siantara, M.MA. selaku Anggota Komisi Pembimbing.
Tujuan penelitian ini antara lain : 1. Menganalisis pola saluran pemasaran
dodol garut di CV. Ritanah. 2. Menganalisis Margin Pemasaran, dan Efisiensi
Pemasaran, dodol garut di CV. Ritanah Metode penarikan sampel dalam
penelitian ini dilakukan secara snowball sampling, dengan responden sebanyak 30
responden. Dimana kuncinya (key informan) yaitu Bapak Cucu Sudrajat pemilik
perusahaan CV. Ritanah, 8 distributor, dan 21 retailer.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui saluran
pemasaran yang terjadi pada usaha Dodol Garut di CV. Ritanah terdapat 2 (dua)
saluran pemasaran yaitu, saluran pemasaran I terdiri dari CV. Ritanah, Distributor,
Retailer, dan Konsumen. Sedangkan pada saluran pemasaran II terdiri dari CV.
Ritanah, Retailer, dan Konsumen. Pada saluran pemasaran I diperoleh total biaya
sebesar Rp2.676/bungkus, total keuntungan sebesar Rp2.333/bungkus, total
margin sebesar Rp2.375/bungkus, nilai efisiensi pemasaran sebesar 44,6% dan
nilai share margin sebesar 60,4 %. Sedangkan pada saluran pemasaran II
diperoleh total biaya sebesar Rp12.527/kg, total keuntungan sebesar Rp20.328/kg,
total margin sebesar Rp23.000/kg, nilai efisiensi pemasaran sebesar 25% dan nilai
share margin sebesar 54%. |
en_US |