Abstract:
Aulia Hafizah Lubis dengan judul Skripsi “Strategi Pemasaran Syifa
Hidroponik Medan”. Dibimbing oleh Ibu Assoc. Prof. Ir. Gustina Siregar M.Si.,
sebagai Ketua Komisi Pembimbing dan Ibu Ira Apriyanti S.P., M.Sc. sebagai
Anggota Komisi Pembimbing.
Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui factor internal dan factor
eksternal yang mempengaruihi pemasaran hidroponik dan melihat strategi
pemasaran Syifa Hidroponik Medan.
Penelitian ini menggunakan metode studi kasus (case study) yaitu penelitian
yang dilakukan dengan melihat langsung kelapangan usahatani hidroponik yaitu
Syifa Hidroponik Medan di Kec. Medan Area, Kota Medan, karena Studi kasus
merupakan metode yang menjelaskan jenis penelitian mengenai suatu objek
tertentu selama kurun waktu, atau penelitian yang dilakukan terfokus ada suatu
kasus tertentu untuk diamati dan dianalisis secara cermat terhadap berbagai faktor
yang terkait dengan kasus sehingga akhirnya diperoleh kesimpulan yang akurat.
Hasil Penelitian ini berdasarkan hasil analisis faktor strategis internal
(IFAS) dan faktor strategis eksternal (EFAS) ditemukan bahwa faktor-faktor IFAS
mempunyai nilai skor sebesar 2,22 sedangkan EFAS mempunyai nilai skor sebesar
-0,24.