Abstract:
Self disclosure tidak hanya dapat dilakukan secara langsung, namun dapat
dilakukan melalui berbagai media teknologi atau media sosial. Sebuah hubungan
dekat akan dimulai dari sebuah komunikasi antarpribadi dan akan terpusat pada
kemampuan seseorang untuk berani dalam membuka dirinya kepada orang yang
ia percayai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak self disclosure di
media sosial terhadap pembentukan konsep diri pada siswa SMA Panca Budi.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu self disclosure, komunikasi
antarpribadi, Johari Window, konsep diri, media sosial, dan siswa SMA. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif
korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dampak yang
signifikan antara self disclosure di media sosial terhadap pembentukan konsep diri
pada siswa SMA Panca Budi berdasarkan pada nilai t hitung ˃ t tabel yaitu 4,508
˃ 1,666 dan nilai probabilitas t yaitu 0,000 ˂ 0,05. Adapun persentase sebesar
22% atau 0,220 pembentukan konsep diri pada siswa SMA Panca Budi
dipengaruhi oleh self disclosure di media sosial dan sisanya dipengaruhi oleh
faktor lain yang tidak diteliti.