dc.description.abstract |
Personal selling mempunyai peranan yang sangat penting, dimana diterima atau tidaknya
produk yang diproduksi perusahaan bagi masyarakat dilihat dari baik tidaknya peranan
personal selling yang bertugas untuk menjual produk barang atau jasa dan bertujuan untuk
lebih meningkatkan kinerja personal selling dalam upaya membantu perusahaan melakukan
penjualan produk yang sesuai dengan target volume penjualan perusahaan. Adapun tujuan
dari bauran pemasaran yang diterapkan perusahaan pada dasarnya adalah untuk meningkatkan
hasil atau volume penjualan produk perusahaan.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah ada pengaruh personal selling
terhadap volume penjualan produk Agar-agar Assoy dan Joyly Jell pada PT. Mestika Mandiri
Medan?. Dalam penelitian digunakan teknik pengumpulan data yaitu studi dokumentasi
sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu metode analisis Regresi Sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian maka terjawab rumusan masalah penelitian yaitu ada pengaruh
personal selling terhadap volume penjualan produk pada PT. Mestika Mandiri Medan.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis uji t dengan menggunakan Coefficients diketahui
bahwa nilai t hitung variabel Personal Selling sebesar 7,485 > t tabel 3,182 yang berarti Ho
ditolak dan Ha diterima sehingga disimpulkan bahwa variabel Personal Selling berpengaruh
terhadap volume penjualan perusahaan.
Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan model summary diketahui bahwa besarnya
pengaruh variabel bebas (Personal Selling) terhadap variabel terikat (volume penjualan)
adalah sebesar 0,949 (94,9%), dimana dari 100 % yang mempengaruhi volume penjualan
ternyata Personal Selling dapat berpengaruh terhadap besarnya volume penjualan sebesar
94,9 % sedangkan sisanya sebesar 5,1 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti
dalam penelitian ini, misalnya promosi, distribusi, jumlah publisitas dan sebagainya. |
en_US |