Abstract:
Tujuan dari penelitian ini yaitu: Menganalisis saluran pemasaran pepaya california di
daerah penelitian. Menganalisis efisiensi pemasaran papaya california di daerah
penelitian. Metode penelitian ini menggunakan metode studi kasusu. Dalam penentuan
sampel penelitian sampel petaniditentukan secara random sedangkan untuk sampel
pedagang dengan metode sensus. Untuk menganalisis rumusan masalah pertama
diananlisis dengan analisis dekskriptit dan rumusan masalah 2 dianalisis dengan analisis
efisiensi pemasaran
Kesimpulan diperoleh hasil sebagai berikut: Dari hasiil Dari hasil peneltian ini
dapat di identifikasi tipe saluran pemasaran pepaya kalifornia di daerah penelitian
yaitu aliran komoditi pepaya. dimana saluran pertama menggunakan jasa
pengumpul sementara pada saluran kedua menggunakan jasa pengecer untuk
sampai kekonsumen akhir. Dari hasil perhitungan efisiensi saluran pemasaran
pepaya kalifornia , saluran pemasaran pepaya kalifornia 2 merupakan saluran
pemasaran yang paling efisien dibandingkan dari saluran 1 pepaya kalifornia