dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor
internal dan faktor eksternal tanaman hias rumput gajah mini variegata
(Pennisetum purpureum scamach) dan menentukan strategi pemasaran yang tepat
untuk tanaman hias rumput gajah mini variegata (Pennisetum purpureum
scamach). Adapun metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan
metode nonprobability sampling atau istilah lain yang disebut sampel jenuh, menurut
Sugiyono (2017) sampel jenuh yaitu menjadikan seluruh anggota populasi untuk
dijadikan sampel penelitian yang berjumlah 25 orang. Data yang dipakai yaitu data
primer dan data sekunder. Dalam penelitian ini analisis yang dipakai yaitu metode
analisis deskriptif, analisis IFAS dan EFAS (David, 2000), analisis SWOT (Rangkuti
2013). Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa analisis yang dilakukan di
lingkungan kelurahan Sei Agul kecamatan Medan Barat, kota Medan, lingkungan
usaha dibagi dua yaitu lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Lingkungan
internal ialah kekuatan dan kelemahan dan lingkungan eksternal ialah peluang dan
ancaman. Kekuatan utama ialah rumput gajah mini variegata yang unik dan
menarik dengan skor 0,55 artinya bahwa skor 0,55 menunjukkan kekuatan yang
paling signifikan dari instrument kekuatan yang ada. Kelemahan utama ialah
minimnya pemasaran melalui media online dengan skor 0,32 artinya bahwa
kelemahan yang paling signifikan dari instrument kelemahan yang ada. Peluang
utama ialah meningkatnya keinginan penghijauan pekarangan rumah dengan skor
0,46 artinya skor 0,46 menunjukkan peluang yang paling signifikan dari semua
peluang yang ada dan ancaman utama ialah tingkat pertumbuhan ekonomi dengan
skor 0,43 artinya skor 0,43 menunjukkan ancaman yang paling signifikan
dibandingkan ancaman yang ada tersebut. Strategi pemasaran yang tepat dalam
usaha rumput gajah mini variegata di kelurahan Sei Agul kecamatan Medan Barat,
kota Medan yaitu strategi SO menyediakan jasa dekorasi taman outdor dan desain
visual serta keterangan perawatan dan penetapan harga yang relatif rendah dan
terjangkau dengan pangsa pasar. |
en_US |