Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk membentuk prilaku positif anak melalui kegiatan
interaksi sosial di RA Nurul Akmal Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang
Bedagai. Penelitian ini dilakukan di RA Nurul Akmal Kecamatan Pantai Cermin
Kabupaten Serdang Bedagai. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak RA Nurul
Akmal Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai yang berjumlah 15 orang
anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari tiga siklus dengan tahapan perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data
dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif interpretatif. Berdasarkan hasil
penelitian diketahui bahwa melalui kegiatan interaksi sosial dapat meningkatkan prilaku
positif anak di RA Nurul Akmal Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai.
Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk
persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan
ketentuan minimal anak adalah BSH maka dapat dirata-ratakan peningkatan prilaku
positif anak yaitu pada pra siklus 23,3 %, selanjutnya siklus 1 rata-ratanya 48,3%, siklus
2 rata-ratanya 71,6 % dan pada siklus 3 rata-rata yang diperoleh anak adalah 93,3%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan
interaksi sosial dapat meningkatkan prilaku positif anak di RA Nurul Akamal Kecamatan
Panti Cermin Kabupaten Serdang Bedagai.