Abstract:
Adanya bus Trans Metro Deli Medan di Kota Medan pada akhir tahun 2020 yang
diselenggerakan oleh Pemerintah Kota Medan yang bekerja sama dengan Dinas
Perhubungan, membuat masyarakat Kota Medan mempunyai persepsi sendiri
dengan adanya bus tersebut. Karena bus tersebut termasuk ke dalam kendaraan
umum yang masih baru yang pelayanan dan fasilitasnya berbeda dengan
kendaraan umum lainnya. Trans Metro deli Medan ini baru dioperasikan di
Medan kota lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
persepsi masyarakat Kota Medan tentang pelayanan dan fasilitas bus Trans Metro
Deli dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian
ini adalah masyarakat Kota Medan yang menggunakan jasa bus Trans Metro Deli
Medan. Penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi dan
wawancara langsung kepada pengguna bus Trans Metro Deli. Berdasarkan hasil
penelitian, persepsi masyarakat Kota Medan terhadap pelayanan dan fasilitas bus
trans metro deli menyatakan bahwa mereka memberikan tanggapan yang positif
dan baik terhadap bus trans metro deli Medan.