Abstract:
Penelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya kecerdasan naturalistik
anak kelompok B, TK ABA 09 Kecamatan Medan Denai. Hal ini mungkin dikarenakan media,
metode dan strategi yang digunakan guru belum efektif dan kurang memotivasi minat belajar
anak. Berdasarkan masalah diatas, diharapkan dengan kegiatan menanam dapat meningkatkan
kegiatan naturalistik anak. Dalam proses pelaksanaannya peneliti yang bersubjektif 15 anak
dengan rincian 3 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan observasi dan dokumentasi hasil karya anak. Yang digunakan adalah
lembar instrument penilaian, dan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif
kualitatif. Penelitian ini dilakukan melalui 3 siklus dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan naturalistik
anak pada pra siklus sebanyak 18,32%, Pada siklus I meingkat menjadi 48,35% , lalu pada siklus
II meningkat menjadi 58,35%, dan pada siklus III meningkat dengan nilai mencapai 83,35%
perolehan presentase pada sikus III membuktikan bahwa penelitian ini telah mencapai indikator
keberhasilan yaitu kecerdasan naturalistik anak mengalami peningkatan ≥ 75%. Hal ini
menyimpulkan bahawa kecerdasan naturalistik anak kelompok B TK ABA Melati 09 Kecamatan
Medan Denai meningkat dengan baik.