DSpace Repository

STRATEGI PEMASARAN USAHA PERKEBUNAN BUAH KELENGKENG (Dimocarpus longan) di CV. SINAR PONTI TIGA JUHAR FARM DESA RUMAH SUMBUL KECAMATAN SINEMBAH TANJUNG MUDA HULU KABUPATEN DELI SERDANG.

Show simple item record

dc.contributor.author Abdiansyah Parinduri, Deni
dc.contributor.author Siregar, Sasmita
dc.date.accessioned 2021-11-29T03:27:44Z
dc.date.available 2021-11-29T03:27:44Z
dc.date.issued 2021-04-30
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16411
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) Untuk mengidentifikasi dan menganalisis Faktor-faktor internal dan eksternal apa saja yang dilingkungan perusahaan, (2) Untuk menganalisis bagaimana prospek usaha buah kelengkeng ini setelah mengidentifikasi melalui metode analisis SWOT, (3) Untuk menganalisis bagaimana strategi pemasaran usaha perkebunan kelengkeng di CV. Sinar Ponti Tiga Juhar Farm. Adapun sampel yang digunakan sebanyak 7 orang. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif untuk mengetahui faktor internal serta faktor eksternal perusahaan dan matriks SWOT digunakan untuk membuat strategi apa yang harus dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kekuatan dan peluang serta mengatasi kelemahan dan ancaman. Hasil analisis deskriptif ditemukan bahwa terdapat 4 kekuatan, 4 kelemehan, 4 peluang dan 4 ancaman yang terdapat di perkebunan kelengkeng ini. Dari hasil analisis SWOT diperoleh bahwa faktor kekuatan memiliki skor 2,11 dan faktor kelemahan memiliki skor 0,82. Sedangkan faktor peluang memiliki skor 1,84 dan faktor ancaman memiliki skor 1,24. Adapun strategi yang dapat dilakukan adalah : memanfaatkan varietas buah yang berbeda untuk lebih meningkatkan trend penjualan dan harga jual yang baik (SO1), memanfaatkan manajemen perkebunan yang baik dan kondisi iklim untuk menghasilkan kelengkeng sesuai permintaan pasar (SO2), memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kuantitas buah (WO1), memanfaatkan teknologi untuk melakukan pemasaran dan promosi (WO2), menjaga kualitas buah yang tebal dan biji kecil agar dapat bersaing dengan buah import (ST1), memanfaatkan manajemen perkebunan yang baik untuk mendapatkan input produksi (ST2), meningkatkan pemasaran dan menetapkan strategi harga pasar dalam menghadapi persaingan (WT1) dan melatih tenaga kerja agar dapat melakukan perawatan yang baik sehingga terhindar dari hama dan penyakit (WT2). en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Kelengkeng en_US
dc.subject Strategi Pemasaran en_US
dc.subject Usaha Perkebunan en_US
dc.title STRATEGI PEMASARAN USAHA PERKEBUNAN BUAH KELENGKENG (Dimocarpus longan) di CV. SINAR PONTI TIGA JUHAR FARM DESA RUMAH SUMBUL KECAMATAN SINEMBAH TANJUNG MUDA HULU KABUPATEN DELI SERDANG. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account