DSpace Repository

Pola Komunikasi Antara Guru Dengan Anak Autis Dalam Proses Belajar Mengajar Di SLB-C Syauqi Day Care Serdang Bedagai

Show simple item record

dc.contributor.author Yeni, Elvita
dc.contributor.author Anisa, Risma Sri
dc.date.accessioned 2021-10-19T01:29:41Z
dc.date.available 2021-10-19T01:29:41Z
dc.date.issued 2021-06-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15694
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pola Komunikasi Antara Guru Dengan Anak Autis Dalam Proses Belajar Mengajar Di SLB-C Syauqi Day Care Serdang Bedagai. Teori-teori yang digunakan adalah komunikasi, komunikasi interpersonal, pola komunikasi, guru, anak autis, sekolah luar biasa (SLB). Jenis penelitian yang diambil peneliti adalah deskriptif kualitatif. Tahap pengumpulan data penelitian menggunakan proses wawancara tatap muka dengan narasumber, observasi, serta dokumentasi, hasil pengamatan, dan hasil pembicaraan yang dianalisis peneliti hingga tahap penarikan kesimpulan. Narasumber yang diwawancarai peneliti yaitu sebanyak 6 (enam) orang narasumber yang terdiri dari 3 (tiga) guru pengajar di SLB, 2 (dua) anak autis, serta 1 (satu) orang tua dari anak penderita autis dengan mengajukan 10 (sepuluh) pertanyaan yang sama pada masing- masing narasumber guru, 5 (lima) pertanyaan pada anak autis, dan 7 (tujuh) pertanyaan untuk orangtua dari anak penderita autis demi memenuhikebutuhan dari penelitian yang digunakan peneliti. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa Pola Komunikasi Antara Guru Dengan Anak Autis Dalam Proses Belajar Mengajar Di SLB-C Syauqi Day Care Serdang Bedagai berjalan cukup baik, dimana peneliti menemukan bahwa SLB-C Syauqi Day Care menggunakan komunikasi interpersonal dalam berkomunikasi secara langsung dengan anak autis juga sebagai pendekatan pertama bagi guru untuk dapat berinteraksi dengan anak autis, dan metode ABA (Applied Behavior Analysis) atau terapi ABA digunakan guru SLB-C Syauqi Day Care dalam menekankan kepatuhan atau menumbuhkan rasa patuh, mengontrol masalah perilaku terhadap anak-anak autis, serta menumbuhkan kemampuan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar en_US
dc.subject Pola Komunikasi en_US
dc.subject Komunikasi Interpersonal en_US
dc.subject Terapi ABA en_US
dc.subject Guru, Anak autis en_US
dc.title Pola Komunikasi Antara Guru Dengan Anak Autis Dalam Proses Belajar Mengajar Di SLB-C Syauqi Day Care Serdang Bedagai en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account