Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak isi cerita anak melalui
media big book pada anak kelompok B di RA Al Hikmah Marindal. Penelitian ini dilakukan karena
terdapat permasalahan di kelas terkait kemampuan menyimak isi cerita di kelas B.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa RA. Al-
Hikmah Marindal, sebanyak 15 orang. Perlakuan yang diberikan kepada subjek dalam penelitian ini
adalah untuk meningkatkan kemampuan menyimak isi cerita melalui media pembelajaran media Big Book
di RA Al-Hikmah Marindal.
Dari analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran dapat berjalan efektif dengan menerapkan
media Big Book ini, dapat dilihat dari meningkatnya hasil belajar anak dan observasi berada dalam
kategori baik.
Persentasi tingkat ketuntasan diterapkan siswa sebelum menerapkan media pembelajaran Big
Book sebesar 47,1%. berada pada kriteria mulai berkembang (MB), kemudian meningkat pada siklus I
menjadi 66,1 % berada pada kriteria berkembang sesuai harapan (BSH), Pada siklus II persentase
pencapaian kemampuan menyimak anak meningkat menjadi 85% berada pada kriteria berkembang sangat
baik (BSB).