DSpace Repository

Budaya Pop Dan Persaingan Identitas (Studi Deskriptif Pada Komunitas Anime Attack On Titan)

Show simple item record

dc.contributor.author Efendi, Zulfan
dc.date.accessioned 2021-06-09T01:45:19Z
dc.date.available 2021-06-09T01:45:19Z
dc.date.issued 2021-05-04
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15168
dc.description.abstract Di era revolusi informasi dan teknologi sekarang proses komunikasi pada masa sekarang ini tidak terjadi antar individu dalam bentuk tatap muka saja, namun lebih dari itu, perkembangan teknologi dan informasi telah memperluasnya. Berbicara tentang komunikasi dan teknologi sekarang tidak lepas pula dari pembahasan kandungan yang ada dalam komunikasi tersebut. Seperti tren budaya populer yang di ambil dari budaya luar menjadi budaya yang dipakai oleh masyarakat, mulai dari gaya hidup, gaya komunikasi, konsep diri, artefak atau produk dan sebagainya.Tidak bisa dipungkiri lagi bahwasanya budaya populer Jepang telah berhasil menarik perhatian masyarakat internasional. Peneliti mengambil lokasi penelitian di komunitas Anime Attack On Titan Medan. Penelitian dengan judul “Budaya Pop Dan Persaingan Identitas (Studi Deskriptif Pada Komunitas Anime Attack On Titan)”, memiliki rumusan masalah Bagaimanakah Proses Budaya Pop dan Persaingan Identitas yang ada di Indonesia sehingga menjadi Budaya Pop yang digandrungi dan menjadi budaya seutuhnya pada masyarakat Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui bagaimana proses Komunikasi Budaya Anime Attack On Titan pada komunitas Anime Attack On Titan di kota Medan. Teori-teori yang digunakan adalah teori komunikasi, teori budaya, teori budaya pop, Karakteristik Budaya Populer, teori persaingan identitas, teori anime, teori komunitas, teori budaya populer, komunitas dan Attack on Titan. Jenis penelitian yang diambil peneliti adalah deskriptif kualitatif. Tahap pengumpulan data penelitian yaitu melakukan proses wawancara tatap muka dengan narasumber, observasi serta dokumentasi, hasil pengataman, dan hasil pembicaraan yang dianalisis peneliti hingga tahap penarikan kesimpulan. Narasumber yang diwawancara oleh peneliti yaitu 5 (lima) orang narasumber terdiri dari ketua, sekretaris dan anggota komunitas Anime Attack on Titan Medan dengan mengajukan masing-masing 15 (lima belas) pertanyaan untuk memenuhi kebutuhan dari penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa Komunitas anime Attack on Titan pun lebih menonjol dikarenakan memiliki visi dan misi yang jelas dan mengikuti trend yang sedang berkembang dari anime Attack on Titan. Di masyarakat dengan adanya komunitas anime Attack on Titan Medan yang menjadi wadah bagi para penggemar anime Attack on Titan dalam bertukar informasi maupun menyebarkan budaya tersebut. sehingga masyarakat dapat menerima adanya budaya tersebut. Masyarakat juga banyak yang mengikuti tren budaya contohnya meniru gaya menyerupai karakter yang ada dalam anime. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Budaya Pop en_US
dc.subject Persaingan Identitas en_US
dc.subject Anime en_US
dc.subject Attack On Titan en_US
dc.title Budaya Pop Dan Persaingan Identitas (Studi Deskriptif Pada Komunitas Anime Attack On Titan) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account