Abstract:
Agama mempunyai peranan penting dalamm kehidupan manusia, pendekatan
bcct merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan
kemampuan beragama anak.
Penelitian ini dilatar belakangi belum berkembangnya kemampuan beragama
anak Kelompok B RA Al Huda Air Batu khususnya dalam mengulang pelajaran Agama
Islam. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Meningkatkan kemampuan beragama anak, 2)
Memberikan pembelajaran yang menyenangkan melalui pendekatan bcct di Kelompok B
RA Al Huda Air Batu.
Penelitian ini dilakukan dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek
penelitiannya anak didik Kelompok B, yang terdiri dari 18 orang anak. Teknik analisa
data yang digunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan beragama yang dicapai anak didik di
kelompok B RA Al Huda Air Batu lebih meningkat dibandingkan sebelumnya dimana
perkembangan beragama anak hanya mencapai 27% , namun setelah dilakukannya
praktek penelitian tindakan kelas melalui pendekatan bcct, pada siklus pertama
mengalami peningkatan mencapai 53%, maka dari itu dilakukan penelitian ulang
sehingga pada siklus kedua mengalami peningkatan mencapai 64%, dan pada siklus
ketiga kemampuan beragama anak berkembang sangat baik yaitu yaitu mencapai 91%,
sehingga kemampuan beragama anak sudah memenuhi target. Begitu pula dengan guru
lebih mudah dalam menyampaikan pelajaran agama islam, dan memberikan
pembelajaran yang menyenangkan.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran agama islam
melalui pendekatan bcct berkembang sangat baik.