Abstract:
Penelitian ini dilakukan karena masih rendah sikap sopan santun anak di sekolah dalam
kegiatan pembiasaan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Nomor 10 Kecamatan Medan Perjuangan.
Rumusan masalah yang diteliti adalah Bagaimana penerapan kegiatan pembiasaan untuk
meningkatkan sopan santun anak, tujuan penelitian ini untuk meningkatkan sopan santun anak.
Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan sopan santun anak karena terlihat dari
sikap sopan santun anak yang masih rendah misalnya ketika berbicara dengan orang tua, guru
dan teman tidak menggunakan kata yang baik. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus dan 4 tahap
yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak TK
Aisyiyah Bustanul Athfal Nomor 10. Teknik pengumpulan data, analisis data yang digunakan
adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif yang dapat dilihat dari kategori predikat tingkat
keberhasilan proses kegiatan pembiasaan meningkatkan sopan santun. Hasil penelitian
menunjukan bahwa meningkatakan sopan santun anak, dengan hasil pada prasiklus 28,32%,
siklus 1 dengan hasil 33, 31%, siklus 2 dengan hasil 60%, pada siklus 3 sikap sopan santun
dengan kegiatan pembiasaan mengalami peningkatan dengan hasil 85,02%. Berdasarkan data
tersebut maka peningkatan sikap sopan santun dengan kegiatan pembiasaan dikatakan efektif.