DSpace Repository

Analisis Modal Pada Poros Engkol 4 Silinder Kendaraan Ringan

Show simple item record

dc.contributor.author Arafat, Yasir
dc.date.accessioned 2020-03-01T11:27:54Z
dc.date.available 2020-03-01T11:27:54Z
dc.date.issued 2019-01-16
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1450
dc.description.abstract Penulisan tugas sarjana ini membahas tentang analisa tegangan pada poros engkol mesin xenia 1300cc 1NR dengan variasi diameter bantalan jalan, penelitian ini dilakukan karena perkembangan transportasi di indonesia sangat pesat salah satunya kendaraan ringan yaitu mobil, teknologi mesin mobil saat ini tidak terlepas dari peran salah satu elemen mesin yaitu poros engkol atau crankshaft menjadi satu komponen utama dalam satu mesin pembakaran 4 tak, oleh karena itu poros engkol menjadi pusat pada setiap gerakan piston. Pada umumnya poros engkol berbahan besi cor harus dapat menampung momen inersia yang dihasilkan oleh gerakan naik turun piston. Sehingga fungsi utama dari poros engkol mengubah gerak putar menjadi gerak naik turun piston untuk menghasilkan sebuah tenaga. Dan adapun rumusan masalahnya adalah bagaimana menganalisa struktur poros engkol dengan menggunakan program simulasi Ansys dengan variasi diameter bantalan jalan dari ketiga model poros engkol yang di desain. Serta penelitian ini bertujuan untuk mencari total deformasi dan tegangan maksimal dari ketiga model poros engkol yang di desain. Penelitian ini menggunakan metode elemen hingga atau simulasi software Ansys. Adapun sumber data yang digunakan berasal dari jurnal-jurnal dan buku-buku serta situs internet yang membahas tentang analisa modal dan poros engkol. Berdasarkan analisa dan simulasi yang dilakukan diperoleh data bahwa model poros engkol dengan diberi beban 2800N pada poros engkol model ke 3 dengan diameter bantalan jalan 36mm memiliki nilai total deformasi yang paling rendah begitu juga dengan nilai tegangan pada eqivalen stress yang didapat dari pengujian ketiga model poros engkol tersebut dan dapat diartikan nilai total deformasidan tegangan eqivalen berbanding lurus, dapat disimpulkan bahwa model poros engkol yang berdiameter bantalan jalan paling kecil memiliki perubahan total deformasi dan eqivalen stress paling kecil. en_US
dc.subject Poros engkol en_US
dc.subject Tegangan en_US
dc.subject Ansys en_US
dc.title Analisis Modal Pada Poros Engkol 4 Silinder Kendaraan Ringan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account