DSpace Repository

Peran Guru Dalam Membantu Anak Berbicara Di Ra Ruhul Jadid Labuhan Batu Selatan

Show simple item record

dc.contributor.author Jayanti, Riska Sukisma
dc.date.accessioned 2020-12-08T05:03:01Z
dc.date.available 2020-12-08T05:03:01Z
dc.date.issued 2020-07-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14504
dc.description.abstract Penelitian yang dilakukan di RA Ruhul Jadid Labuhan Batu Selatan bertujuan untuk mengetahui apa saja peran yang dilakukan guru dalam membantu anak untuk dapat berbicara dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh staf RA Ruhul jadid dengan sampel 4 orang yang dipilih karena sampel tersebut adalah guru wali kelas. Dengan cara observasi dan wawancara secara sistematis. Dan dibantu sejumlah wali murid sebagai data sekunder.Dengan tekhnik pengumpulan data yaitu mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah cara guru membantu anak berbicara dengan melakukan proses melatih anak berbicara senantiasa dilakukan dalam belajar, artinya perlu proses menciptakan hubungan antara sesuatu yang dipahami sebelum proses belajar baru dilakukan dan pengetahuan baru diperoleh setelah proses belajar dilakukan. Selanjutnya guru melatih anak berbicara dengan memanfaatkan permainan sebagai media pembelajaran, salah satunya yang lazim digunakan adalah bermain tebak kata. Proses lainnya dengan menggunakan media gambar. Cara lain yang dapat digunakan dalam melatih anak berbicara sangat efektif dengan menerapkan permainan tradisional. Pada permainan tradisional biasanya terdapat unsur untuk berbicara sangat banyak. Salah satu permainan tradisional yang digunakan adalah permainan kotak pos. Guru melakukan kegiatan penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan bahasa dan tulisan sebagai medianya. Hal ini dilakukan oleh guru RA Ruhul Jadid Labuhan Batu Selatan dengan anak menulis, kemudian bercerita tentang tulisannya. Kegiatan lain dalam melatih anak berbicara melalui interaksi aktif kepada anak dilakukan secara klasikal didalam kelas. Kegiatan pembelajaran lainnya adalah karya wisata.Bahwa saat berkarya wisata kemanapun anak terlihat seluruhnya aktif baik gerak maupun berbicara.Setiap anak yang satu dengan yang lainnya saling berinteraksi. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Peran en_US
dc.subject Guru en_US
dc.subject Berbicara en_US
dc.title Peran Guru Dalam Membantu Anak Berbicara Di Ra Ruhul Jadid Labuhan Batu Selatan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account