Abstract:
Perkembangan Radio di Indonesia setelah merdeka diawali dengan lahirnya Radio
Republik Indonesia pada tanggal 11 september 1945. Tingkat persaingan stasiun radio di
kota-kota besar ini cukup tinggi dalam merebut perhatian audien. Program radio harus
dikemas sedemikian rupa supaya menarik perhatian dan dapat diikuti orang sebanyak
mungkin. Radio KISS FM merupakan salah satu radio dengan segmentasi anak muda terlama
di kota medan. Dalam menghadapi persaingan-persaingan dengan radio radio-baru serta
perkembangan media yang sangat pesat radio KISS FM tentu harus memiliki strategi-strategi
kreatif dan terobosan –terobosan terbaru yang menarik perhatian para pendengar/khalayak.
Penelitian ini menggunakan teori yang relevan dan berkaitan dengan komunikasi,
komunikasi massa, pengertian radio, pengertian komunikasi pemasaran dan strategi
positioning.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang
bersifat deskriptif. Dalam penelelitian ini lebih mengarah pada wawancara mendalam untuk
mengetahui bagaimana strategi Radio KSS FM dalam mempertahankan pendengar dengan
mulai banyaknya persaingan antar media serta perkembangan media yang mulai maju.
Setelah melakukan analasis dengan wawancara mendalam didapatkan bahwa cara
mempertahankan pendengar yang dilakukan oleh radio KISS FM dengan cara membuat
program program yang terbaru, mempromosikan di media media sosial, mengevaluasi
program yang lama apakah masih diminati oleh masyarakat, dan serta melakukan pendekatan
dengan cara terjun langsung kelapangan dengan membuat acara off-air.