Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui bagaimana perilaku
konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian kopi luwak liar Sipirok, (2)
Mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam
pengambilan keputusan pembelian kopi luwak liar Sipirok, (3) Mengetahui
pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian kopi luwak liar
Sipirok.
Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik
pengambilan sampel aksidental (Accidental sampling) yaitu menentukan sampel
berdasarkan orang yang ditemui secara kebetulan atau siapa saja yang dijumpai di
daerah penelitian dan sesuai dengan karakteristik responden yang diinginkan.
Sampel yang diteliti sebanyak 30 responden konsumen yang membeli kopi luwak
liar Sipirok dengan jenis bubuk. Metode analisis data yang digunakan adalah
metode dekriptif dan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian pada kesimpulan perumusan masalah yang pertama adalah
perilaku konsumen di daerah penelitian lebih mengandalkan cita rasa sebagai
faktor utama dalam keputusan pembelian kopi luwak liar Sipirok dengan jumlah
responden tertinggi sebanyak 9 konsumen dengan tingkat presentase 30%,
sedangkan perilaku konsumen yang mengandalkan pengalaman dan pengetahuan
sebagai dasar melakukan pembelian memiliki jumlah responden terendah
sebanyak 4 orang dengan tingkat presentase 13,3%.
Hasil kesimpulan untuk perumusan masalah yang kedua adalah secara
serempak keputusan pembelian kopi luwak liar Sipirok dipengaruhi oleh faktor
budaya, faktok sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis yang terdapat pada
perilaku konsumen sebesar 70,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain
yang tidak diteliti dalam penelitian ini sebesar 29,5%. Secara parsial faktor
budaya, sosial, dan psikologis berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian,
sedangkan faktor pribadi secara parsial tidak berpengaruh nyata terhadap
keputusan pembelian kopi luwak liar Sipirok pada taraf kepercayaan (95%).
Hasil kesimpulan untuk perumusan masalah yang ketiga adalah secara
serempak keputusan pembelian kopi luwak liar Sipirok dipengaruhi oleh produk,
harga, promosi, dan lokasi yang terdapat pada pihak Perusahaan Angkola Kopi
Sipirok sebesar 87,6%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang
tidak diteliti dalam penelitian ini sebesar 12,4%. Secara parsial faktor produk dan
harga berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian, sedangkan promosi dan
lokasi secara parsial tidak berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian kopi
luwak liar Sipirok pada taraf kepercayaan (95%).