DSpace Repository

Pola Komunikasi Interpersonal Guru Pendamping Pada Anak Penyandang Disabilitas Di Slb Abc Medan Amplas

Show simple item record

dc.contributor.author Andriyani, Rika
dc.date.accessioned 2020-11-19T04:33:48Z
dc.date.available 2020-11-19T04:33:48Z
dc.date.issued 2016-08-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13707
dc.description.abstract Pola pada dasarnya merupakan sebuah gambaran tentang sebuah proses yang terjadi dalam sebuah kejadian sehingga memudahkan seseorang dalam menganalisa kejadian tersebut, dengan tujuan agar dapat meminimalisasikan segala bentuk kekurangan sehingga dapat diperbaiki. Sedangkan komunikasi merupakan suatu proses interaksi penyampaian pesan antar komunikator dan komunikan yang selanjutnya akan mendapat feedback langsung maupun tidak langsung dari komunikan. Bentuk khusus komunikasi interpersonal ini adalah komunikasi diadik (dyadic communication) dan komunikasi triadic (multilevel Communication). Komunikasi diadik adalah komunikasi yang melibatkan hanya dua orang, seperti suami-istri, dua sejawat,dua sahabat dekat,guru-murid, dan sebagainya. Sedangkan komunikasi triadic yaitu komunikasi antar pribadi yang pelakunya terdiri dari tiga orang, yakni seorang komunikator dan dua orang komunikan. Jika misalnya A yang menjadi komunikator, maka ia pertama-tama menyampaikan kepada komunikan B, kemudian kalau dijawab atau ditanggapi, beralih kepada komunikan C, juga secara berdialogogis. Dalam penelitian ini, peneliti akan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif adalah sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan secara langsung dengan penelitian langsung lapangan yaitu mengumpulkan data – data dari lapangan yang meliputi kegiatan survei di lapangan, yakni melalui metode wawancara dan observasi lokasi penelitian. Sedangkan teknik analisa data deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pola komunikasi yang dilakukan guru pendamping dengan muridnya adalah pola komunikasi interpersonal triadic. Dimana komunikasi interpersonal antara guru dan anak muridnya dilakukan secara langsung tatap muka berbicara satu sama lain. Dengan cara ini mereka anak tunarungu akan merasa dekat dengan gurunya sehingga mereka mereka merasa tidak ada jarak dan perbedaan antara mereka, Bahkan mereka para anak tunarungu menganggap gurunya juga sebagai temannya. en_US
dc.subject Pola Komunikas en_US
dc.subject Komunikasi Interpersonal en_US
dc.subject Guru en_US
dc.title Pola Komunikasi Interpersonal Guru Pendamping Pada Anak Penyandang Disabilitas Di Slb Abc Medan Amplas en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account