Abstract:
Pulau Banyak adalah Gugusan Pulau-Pulau kecil di Kabupaten Aceh
Singkil Provinsi Aceh. Luas wilaya secara keseluruhan adalah 27,196 Ha. Pulau
Banyak yang terdiri dari gugusan pulau-pulau berbatasan langsung dengan
Samudra Hindia, tepatnya di Ujung sebelah barat Pulau Sumatera. Ada 99 buah
pulau di gugus kepulauan Banyak yang sangat layak di kembangkan menjadi
objek wisata andalan. Termasuk keindahan alam bawah laut dan penyu hijaunya.
Sebagai daerah kepulauan, Pulau Banyak selain memiliki laut yang cukup luas
juga pantai yang sangat panjang yang indah. Strategi Komunikasi Dinas
Kebudayaan Pariwisata dan pemuda Olahraga Aceh Singkil sangat diperlukan
dalam mempromosikan objek wisata Pulau Banyak.
Uraian teoritis dalam penelitian ini adalah Komunikasi, Teori Komunikasi,
Strategi, Strategi Komunikasi, Pariwisata, Komunikasi Pariwisata, Komponen
Strategi Komunikasi Pariwisata, Pengertian Promosi, Cara Promosi. Penelitian ini
bertujauan untuk menegtahui satrategi Dinas Kebudayaan Pariwisata dan
Pemuada Olaharaga Aceh Singkil dalam Mempromosikan Wisata Pulau Banyak.
Manfaat penelitian ini adalah menambah uraian-uraian dan menjadi masukan bagi
berbagai pihak yang terkait terutama Strategi Komunikasi Dinas Kebudayaan
Pariwisata dan Pemuda Olahraga Aceh Singkil dalam Mempromosikan Wisata
Pulau Banyak.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif
dengan menggunakan pendekatan analisis kualitatif, yaitu yang memanfaatkan
wawancara terbuka untuk menelaah dan memahami sikap, pandangan, perasaan,
dan perilaku individu atau sekelompok orang. Data yang dikumpulkan adalah
berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Narasumber dalam penelitian
ini ditentukan dengan sumber data primer yaitu wawancara mendalam dan
dokumentasi yang dilakukan sebanyak 4 (empat) orang antara lain 2 (dua) orang
Pegawai Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pemuda Olahraga Aceh Singkil yaitu
Kabid Pariwisata dan Staff Pariwisata, dan dua (2) orang masyarakat/wisatawan
yang mengunjungi Wisata Pulau Banyak.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi komunikasi Dinas dalam
mempromosikan wisata Pulau Banyak sudah berjalan dengan baik dan sesuai
dengan prosedur yang telah ditetapkan dan pihak dinas selalu memberikan
informasi, dan terus melakukan sosialisasi terus msenerus kepada masyarakat
setempat akan sadar wisata