Abstract:
Komunikasi saat ini telah berperan penting terhadap pembentukan citra sebuah
perusahaan. Banyak media yang digunakan oleh perusahaan untuk membentuk
citra positif perusahaannya, dikarenakan apabila citra perusahaannya bagus maka
perusahaan tersebut akan mendapat keuntungan dari segala aspek. Salah satu
media yang saat ini sering digunakan oleh berbagai perusahaan besar adalah
Company profile. Menurut Rachmat Kriyantono, Company profile merupakan
gambaran tentang perusahaan, bisa juga dianggap dapat mewakili perusahaan
sehingga publik tidak usah bersusah payah mencari informasi tentang perusahaan.
Dapat juga menjadi alat membangun citra agar berbagai kelompok penekan dalam
masyarakat mempunyai pemahaman yang benar tentang perusahaan. Hal ini yang
menyebabkan perusahaan besar seperti PT.Pertamina (Persero) Marketing
Operation Region I juga menggunakan Company profile sebagai salah satu
pembentukan citra positif perusahaannya. Citra dari perusahaan PT.Pertamina saat
ini sudah cukup baik ditengah masyarakat, tetapi pihak perusahaan menyadari
masih ada juga masyarakat yang tidak sepaham mengenai kebijakan atau
kewenangan dari perusahaan. Maka dari itu perusahaan PT.Pertamina
memerlukan company profile sebagai filter isu yang beredar di tengah
masyarakat. Penelitian ini menggunakan kajian teori komunikasi, proses
komunikasi, komunikasi massa, company profile, citra dan sejarah PT.Pertamina
(Persero) Marketing Operation Region I. Metode penelitian ini menggunakan
metode penelitian deskriptif kualitatif, dimana data dan hasil penelitian diperoleh
dari hasil wawancara secara mendalam dengan beberapa narasumber, yaitu
Manager Humas dari perusahaan PT.Pertamina (persero) MOR I dan 6
masyarakat umum. Pertanyaan yang diajukan dalam wawancara untuk penelitian
ini lebih mengarah kepada seberapa sering pihak perusahaan PT.Pertamina
membuat company profile. Selain itu, pertanyaan juga mengarah kepada unsur
apa yang di gunakan dalam membuat company profile dan bagaimana cara
mengetahui company profile yang telah dibuat efektif sesuai target tujuan. Dari
hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan PT.Pertamina (Persero)
Marketing Operation Region I telah membuat company profile yang sangat baik,
sehingga dapat merubah pola pikir masyarakat terhadap perusahaan menjadi baik
dan membentuk citra positif. Penelitian ini juga menunjukan bahwa company
profile yang berbentuk audio-visual lebih disukai oleh masyarakat, dikarenakan
lebih menarik dan mudah untuk di pahami.