Abstract:
Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai dengan bulan April 2017
dengan tujuan untuk menganalisis marjin dan saluran pemasaran, strategi
pemasaran pupuk non subsidi, kendala dan hambatan yang dihadapi UD. Jaya
Tani. Lokasi penelitian ini berada di Kelurahan Kisaran Naga, Kecamatan Kisaran
Timur, Kabupaten Asahan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini menggunakan analisis SWOT dimana sampel pada penelitian ini adalah
pengelola, petani, pedagang pengecer, dan pemerintah (Dinas Pertanian).
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pemasaran pupuk
non subsidi memiliki kekuatan pada barang yang selalu ada dan dapat
menghutang. Kelemahan yang dimiliki adalah tidak adanya promosi untuk pupuk
yang dijual. Peluang yang dihadapi adalah menjalani kerjasama yang baik, potensi
pasar yang luas dan pesaing yang tidak banyak. Ancaman terdiri dari harga pupuk
yang berubah. Berdasarkan hasil SWOT tersebut maka strategi pemasaran yang
direkomendasikan menjalankan strategi agresif, karena berada di kuadran I
diagram SWOT. Dimana yang artinya situasi yang sangat menguntungkan, usaha
pemasaran pupuk non subsidi memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat
memanfaatkan peluang yang ada.