Abstract:
Metode penarikan sampel menggunakan Incidental Sampling, yaitu teknik
yang dilakukan secara kebetulan. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis
Regresi Linier Berganda dan Analisis deskriptif dengan menganalisa skor dan
kriteria perilaku konsumen sehingga dapat menentukan tingkat perilaku
konsumen.
Perilaku konsumen dalam mengkonsumsi ikan mas berada dalam tingkat
tinggi. Dengan parameter budaya/adat sebagai alasan utama mengapa ikan mas
banyak dikonsumsi oleh masyarakat.
Hasil penguji dengan menggunakan Regresi linier Berganda, dimana nilai
koefisien determinasi R – Square dari penelitian ini sebesar 0,88, nilai ini
mengindikasikan bahwa secara simultan permintaan ikan mas dipengaruhi oleh
harga ikan mas, jumlah tanggungan, dan pendapatan sebesar 88% secara parsial
dengan menggunakan uji t diperoleh, variabel harga ikan mas berpengaruh tidak
nyata terhadap jumlah permintaan ikan mas yang ditunjukkan dengan nilai thitung <t-tabel. Sedangkan variabel jumlah tanggungan dan pendapatan
berpengaruh nyata terhadap jumlah permintaan ikan mas yang ditunjukkan dengan
nilai t-hitung > t-tabel pada taraf kepercayaan 95%.