DSpace Repository

Upaya Meningkatkan Kognitif Dalam Mengelompokkan Benda Berdasarkan Bentuk, Warna, Dan Ukuran Melalui Model Pembelajaran Kontekstual di RA Al-Fattah Sidotani Kabupaten Simalungun

Show simple item record

dc.contributor.author Kusumawati, Endang
dc.date.accessioned 2020-11-18T08:30:13Z
dc.date.available 2020-11-18T08:30:13Z
dc.date.issued 2018-10-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13423
dc.description.abstract Latar belakang dalam penelitian ini adalah upaya rendahnya kemampuan kognitif anak dalam mengelompokkan benda berdasarkan bentuk, warna dan ukuran di RA Al-Fattah Sidotani Kabupaten Simalungun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kognitif anak dalam mengelompokkan benda berdasarkan bentuk, warna dan ukuran melalui model pembelajaran kontekstual di RA Al-Fattah Sidotani Kabupaten Simalungun. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan anak mengelompokkan benda berdasarkan bentuk, warna dan ukuran melalui model pembelajaran kontekstual di RA Al-Fattah Sidotani Kabupaten Simalungun. Metodologi dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di RA Al-Fattah Sidotani Kabupaten Simalungun dengan obyek anak-anak RA Al- Fattah Sidotani yang berjumlah 20 orang anak yang terdiri dari anak laki-laki berjumlah 11 orang dan anak perempuan 9 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi yang dilakukan oleh peneliti dengan berkolaborasi bersama guru kelas. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan kognitif anak dalam mengelompokkan benda berdasarkan bentuk, warna dan ukuran. Peningkatan kemampuan kognitif anak, meningkat secara bertahap pada kondisi awal sebelum pemberian tindakan hasil rata-rata yang diperoleh pada pra siklus yaitu 23,3%, sedangkan pada siklus 1 diperoleh hasil akhir rata-rata kemampuan motorik kasar anak sebesar 45 % dan pada siklus 2 diperoleh hasil rata-rata 76,6 %. Pada siklus 3 diperoleh hasil rata-rata kemampuan motorik kasar anak sebesar 86,6 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengelompokkan benda berdasarkan bentuk, warna dan ukuran di RA Al-Fattah Sidotani Kabupaten Simalungun. en_US
dc.subject Kognitif en_US
dc.subject Bentuk en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Kognitif Dalam Mengelompokkan Benda Berdasarkan Bentuk, Warna, Dan Ukuran Melalui Model Pembelajaran Kontekstual di RA Al-Fattah Sidotani Kabupaten Simalungun en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account