dc.description.abstract |
Latar belakang masalah penelitian ini adalah kemampuan bahasa anak rendah,
kurangnya pemahaman kosakata anak dalam berkomunikasi, anak kurang
berinteraksi dengan temannya, anak pemalu ketika bermain dengan temannya.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas peneliti yaitu
RA Al-Khairat Kotanopan dengan jumlah anak sebanyak 17 anak dengan 9 anak lakilaki dan 8 anak Perempuan.
Teknik analisis data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian dilakukan melalui 3 siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian
prasiklus sebelum dilaksanakan tindakan siklus peneliti menyimpulkan bahwa
kemampuan berkomunikasi masih rendah yaitu hanya sebesar 48,67%, penelitian siklus 1
kemampuan berkomunikasi masih rendah yaitu hanya sebesar 50,67% dan masih perlu
perbaikan lagi, penelitian tindakan siklus 2 tingkat pencapaian berkembang sesuai
harapan, akan tetapi belum memuaskan maka perlu diadakan perbaikan pembelajaran
dengan metode tanya jawab dan hasil yang diperoleh adalah sebesar 72%, tindakan siklus
3 tingkat pencapaian kemampuan berkomunikasi sudah berkembang sesuai harapan dan
berkembang sangat baik sebesar 94%, dengan demikian melalui metode tanya jawab
dengan menggunakan media gambar di RA Al-Khairat Kotanopan. |
en_US |