DSpace Repository

Analisis Pemasaran Karet Rakyat (Studi Kasus : Desa Jasa Makmur, Kecamatan Sei Lepan)

Show simple item record

dc.contributor.author Harahap, Syaiful Anwar
dc.date.accessioned 2020-11-18T04:08:47Z
dc.date.available 2020-11-18T04:08:47Z
dc.date.issued 2017-10-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13113
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan di Desa Jasa Makmur, Kecamatan Sei Lepan. Metode analisis data yang digunakan (1) adalah metode analisis Deskriptif. Untuk masalah kedua (2) digunakan metode analisis Margin Pemasaran. Hasil analisis data diperoleh sebagai berikut, untuk rumusan masalah pertama (1) diperoleh hasil rata-rata biaya pemasaran yang dikeluarkan pedagang pengumpul adalah Rp 2.075/kg, rata-rata harga beli ke petani karet rakyat dari Bulan Januari-April sebesar 7.625/kg dan rata-rata harga jual yang dikeluarkan pedagang pengumpul ke pabrik pengolahan karet pada Bulan Januari-April sebesar Rp 13.750/kg.maka keuntungan yang diperoleh pedagang pengumpul dalam proses penyaluran getah karet sebesar Rp 4.050/kg. Untuk rumusan masalah kedua (2) diperoleh hasil perhitungan diperoleh bahwa nilai Share Margin sebesar 55,45%, artinya penentuan besaran harga jual yang dilakukan petani termasuk dalam kategori efisien, karena dengan penetapan nilai harga jual getah karet sekarang, petani masih dapat memperoleh keuntungan untuk melakukan kegiatan usahatani selanjutnya. Dikatakan efisien jika harga jual petani lebih dari atau sama dengan 40% dari harga beli di tingkat pabrik. nilai efisiensi pemasaran dari kegiatan distribusi getah karet diperoleh sebesar 15,09%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, pertama (1)Semakin pendek pola pemasaran dalam sebuah skala usaha produk yang dipasarkan, maka semakin baik serta semakin mudah bagi petani dalam menciptakan kesejahteraan terhadap usaha yang dijalankannya. Kedua (2) Jika nilai Ep < 50%, maka semakin efisien penggunaan saluran pemasaran di daerah penelitian dan jika nilai Ep ≥ 50%, maka pemasaran di daerah penelitian belum mencapai tingkat efisien. en_US
dc.subject Pemasaran Karet en_US
dc.title Analisis Pemasaran Karet Rakyat (Studi Kasus : Desa Jasa Makmur, Kecamatan Sei Lepan) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account