Abstract:
Pendidikan anak usia dini hendaknya dapat mengembangkan seluruh
aspek perkembangan kemampuan anak, baik itu perkembangan sosial-emosional,
perkembangan kognitif, perkembangan fisik, perkembangan motorik maupun
bahasa. Dan di RA Nurul Hidayah Afd III Kab. Simalungun kemampuan bahasa
anak masih rendah, seperti dalam bercerita, mengenal huruf dan menirukan 4-5
suku kata dan lain sebagainya.
Penelitian ini dilakukan untuk dapat meningkatkan kemampuan bahasa
pada anak dengan menggunakan media kartu bergambar yang bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan anak.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek
penelitian anak didik yang berjumlah 20 orang usia 5-6 tahun kelompok B RA
Nurul Hidayah Afd III Kab. Simalungun tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian
ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru dan teman sejawat.
Prosedur penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan
kualitatif dan kuantitatif, untuk mendapatkan data dan analisis melalui observasi
dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui tiga siklus yang
dirancang secara sistematis dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamat, analisis dan refleksi.
Hasil penelitian PTK mengenai peningkatan bahasa pada anak dengan
menggunakan media kartu bergambar yaitu sebelum tindakan, anak yang
berkembang sesuai harapan dan anak yang berkembang sangat baik rata- rata
45 %, siklus I anak yang berkembang sesuai harapan dan anak yang berkembang
sangat baik rata-rata 55 %, dan siklus II anak yang berkembang sesuai harapan
dan anak yang berkembang sangat baik rata-rata 70 %, dan siklus III anak yang
berkembang sesuia harapan dan berkembang sangat baik rata-rata 85%.
Simpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan media kartu
bergambar dapat meningkatkan kemampuan bahasa pada anak di RA Nurul
Hidayah Afd III Kab. Simalungun.