Abstract:
Kemampuan dasar yang dapat ditingkatkan pada anak salah satunya adalah
kemampuan mengenal angka. Kemampuan ini dapat dikembangkan melalui
latihan. Di RA Kadama Darul Ikhlas Binjai, kemampuan mengenal angka anak
kelompok B masih sangat rendah maka dibutuhkan peneliti untuk
meningkatkannya. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan mengenal
angka anak adalah dengan menggunakan media yang menarik yaitu media
bermain yang dapat dilakukan sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan mengenal angka anak dengan menggunakan metode
bermain pada anak kelompok B di RA Kadama Darul Ikhlas Binjai.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan
subjek penelitian yaitu anak kelas B RA Kadama Darul Ikhlas Binjai yang
berjumlah 15 anak dengan jumlah 6 anak perempuan 9 anak laki-laki. Penelitian
ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan cara observasi, tanya jawabserta dokumentasi. Data dianalisis
dengan menggunakan teknis analisis deskriptip. Kreteria keberhasilan yaitu
peningkatan kemampuan mengenal angka anak dengan menggunakan 75%. Hasil
penelitian menunjukkan b`ahwa ada peningkatan kemampuan mengenal angka
anak dengan menggunakan memancing` kartu angka pada anak kelompok B di R
Kadama Darul Ikhlas Binjai. Hal ini dapat dilihat dari hasi observasi dimana pada
kondisi awal hanya mencapai 22%,meningkat di siklus pertama menjadi 38%,
siklus kedua mencapai 67%, dan siklus ketiga mencapai 85%. Dari data tersebut
dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain dapat meningkatkan
kemampuan mengenal angka anak RA Kadama Darul Ikhlas Binjai.