| dc.description.abstract |
Perkembangan teknologi komunikasi pada masa kini menyuguhkan media
komunikasi yang semakin variatif. Salah satunya adalah video blog atau vlog
merupakan suatu aplikasi aktivitas blogging yang tidak lagi dengan tulisan
melainkan dengan media video yang saat ini banyak dipilih masyarakat sebagai
sarana menyampaikan informasi yang mudah dan menarik. Dengan ide-ide baru
vlog mampu membagikan berbagai macam konten yang menarik dan memiliki
unsur kreatif sehingga dapat mengembangkan kreativitas dalam diri seseorang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemaknaan
video blog di YouTube sebagai media kreativitas. Narasumber yang diggunakan
dalam penelitian ini berjumlah 4 (empat) orang yang terdiri dari 2 (orang) vlogger
dan 2 (dua) orang viewers. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif
kualitatif yaitu dimana objek penelitian dalam penelitian kualitatif ini tidak
dibatasi dengan banyaknya jumlah responden.
Metode pengumpulan data yang digunakan ialah teknik wawancara, yang
bertujuan mengembangkan konsep sensivitas pada masalah yang dihadapi,
menerangkan realitas yang berkaitan dengan penelusuran teori dari bawah dan
mengembangkan pemahaman akan satu atau lebih dari fenomena yang dihadapi.
Berdasarkan hasil penelitian yang menggunakan teori fenomenologi
menunjukkan bahwa pemaknaan video blog di YouTube sebagai media kreativitas
memiliki pandangan yang bagus dan mampu mengembangkan kreativitas
seseorang, hal ini diperkuat dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti.
Hal ini peneliti menyarankan kepada vlogger agar lebih sering
mengupload video dengan konten yang sangat kreatif agar dapat membuka
pikiran sekaligus menambah wawasan dan kreativitas seseorang bukan hanya
sebagai kebutuhan untuk medapatkan keuntungan finansial semata. |
en_US |