Research Repository

Pemakanaan Video Blog di YouTube Sebagai Media Kreativitas (Studi Deskriptif Pada Pengguna Vlog di Medan)

Show simple item record

dc.contributor.author Novani, Vebi
dc.date.accessioned 2020-11-18T02:57:57Z
dc.date.available 2020-11-18T02:57:57Z
dc.date.issued 2017-04-13
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/13025
dc.description.abstract Perkembangan teknologi komunikasi pada masa kini menyuguhkan media komunikasi yang semakin variatif. Salah satunya adalah video blog atau vlog merupakan suatu aplikasi aktivitas blogging yang tidak lagi dengan tulisan melainkan dengan media video yang saat ini banyak dipilih masyarakat sebagai sarana menyampaikan informasi yang mudah dan menarik. Dengan ide-ide baru vlog mampu membagikan berbagai macam konten yang menarik dan memiliki unsur kreatif sehingga dapat mengembangkan kreativitas dalam diri seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemaknaan video blog di YouTube sebagai media kreativitas. Narasumber yang diggunakan dalam penelitian ini berjumlah 4 (empat) orang yang terdiri dari 2 (orang) vlogger dan 2 (dua) orang viewers. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu dimana objek penelitian dalam penelitian kualitatif ini tidak dibatasi dengan banyaknya jumlah responden. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah teknik wawancara, yang bertujuan mengembangkan konsep sensivitas pada masalah yang dihadapi, menerangkan realitas yang berkaitan dengan penelusuran teori dari bawah dan mengembangkan pemahaman akan satu atau lebih dari fenomena yang dihadapi. Berdasarkan hasil penelitian yang menggunakan teori fenomenologi menunjukkan bahwa pemaknaan video blog di YouTube sebagai media kreativitas memiliki pandangan yang bagus dan mampu mengembangkan kreativitas seseorang, hal ini diperkuat dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti. Hal ini peneliti menyarankan kepada vlogger agar lebih sering mengupload video dengan konten yang sangat kreatif agar dapat membuka pikiran sekaligus menambah wawasan dan kreativitas seseorang bukan hanya sebagai kebutuhan untuk medapatkan keuntungan finansial semata. en_US
dc.subject Pemakanaan en_US
dc.subject Media Kreativitas en_US
dc.title Pemakanaan Video Blog di YouTube Sebagai Media Kreativitas (Studi Deskriptif Pada Pengguna Vlog di Medan) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account