dc.description.abstract |
Peran komunikasi pada umumnya sangat berpengaruh dalam setiap
kegiatan yang akan dilakukan di dalam sebuah perusahaan. Komunikasi ini
dilakukan untuk memberitahukan kepada masyarakat tentang program yang
berlangsung di sebuah perusahaan. Dalam bidang CSR, komunikasi juga penting
untuk mempublikasikan kegiatan yang sedang mereka lakukan serta memberikan
pemahaman tentang maksud dan tujuan mereka memberikan bantuan CSR itu
kepada masyarakat. PT. Pelindo 1 memiliki tanggung jawab dalam membantu
meningkatkan kesejahteraan dan kepedulian terhadap lingkungan sosial, dengan
cara menyisihkan sebagian keuntungan setiap tahun sesuai dengan Peraturan
Menteri Negara BUMN Nomor: PER.05/MBU/2007 tanggal 27 April 2007 dan
KEP-100/MBU/2002 tanggal 2 Juni 2002. Peraturan tersebut berisikan mengenai
tanggung jawab sosial bagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam sebuah
program yang diberi nama Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).
Melalui program ini PT. Pelindo 1 menunjukkan kepeduliaanya terhadap
kebutuhan masyarakat yang berada di sekitar perusahaannya. Adapun yang
menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran
komunikasi CSR PT. Pelindo 1 terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat
sekitar perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif. Adapun narasumber dalam penelitian ini adalah Humas PT. Pelindo 1
dan Masyarakat Kampung Nelayan. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa peran komunikasi yang dilakukan oleh PT. Pelindo 1 sudah
cukup efektif untuk mendekatkan diri dengan masyarakat. Dampak dari program
CSR mereka juga sudah cukup membantu masyarakat untuk meningkatkan
perekonomian mereka, tetapi program yang mereka berikan tidak berkelanjutan
dan tidak keseluruh masyarakat sehingga tidak dapat dirasakan oleh semua
masyarakat yang ada di sekitar perusahaan. |
en_US |