Abstract:
Penelitian analisis pelaksanaan pelayanan yang disesuaikan dengan etika
bisnis dalam perspektif Islam pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Medan
Marelan dilatar belakangi oleh karyawan yang kurang melaksanakan tanggung
jawabnya dengan baik, nasabah kurang mendapatkan pelayanan yang optimal, dan
kurangnya keterbukaan informasi penawaran produk dari karyawan kepada
nasabah. Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk mengetahui tentang etika bisnis
dalam perspektif islam pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Medan Marelan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif.
Pendekatan kualitatif merupakan penelitian yang menghasilkan temuan dengan
memecahkan masalah yang ada dengan cara menyajikan, menganalisis,
menginterprestasikan hasil penelitian. Sumber data berupa data primer dan data
sekunder dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi
pustaka.
Kesimpulan dari penelitian penerapan pelaksanaan pelayanan yang
disesuaikan dengan etika bisnis dalam perspektif Islam pada PT. Bank Syariah
Mandiri KCP Medan Marelan sudah menerapkan etika bisnis yang sesuai dengan
syariah. Dimana pelaksanaan pelayanan etika bisnis dalam perspektif Islam yang
diterapkan antara lain: kesatuan (unity), keseimbangan/ keadilan (equilibrium),
kehendak bebas (free will), tanggung jawab (responsibility), kebajikan/ kebenaran
dan kejujuran