Abstract:
Pemasaran syariah merupakan bisnis yang disertai dengan keihklasan
semata-mata hanya untuk mencari ridha Allah SWT, maka bentuk transaksinya
InsyaAllah bernilai ibadah dihadapan Allah SWT. Pemasaran syariah akan selalu
menekankan dalam penetapan harga yang benar, promosi, sikap pemasar
mengikuti etika pemasaran syariah dan pelayanan terbaik, yang bertujuan untuk
memuaskan konsumen. Ayam Potong syariah adalah salah satu bisnis yang
menerapkan konsep syariah, menyediakan ayam yang halal dan berkah. Dalam
penetapan harga, promosi yang kurang menarik, pelayanan yang kurang dapat
membuat minat konsumen sangat sedikit dan beralih pada ayam potong yang
lain. Berdasarkan rumusan masalah dalam penlitian ini, yaitu : bagaimana
analisis pemasaran syariah pada Ayam Potong Syariah Marelan Raya Pasar V
Medan?, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pemasaran
Syariah pada Ayam Potong Syariah Marelan Raya Pasar V Medan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian ini
adalah data deskriptif yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan
pemecahan masalah yang ada, data yang ada dengan cara menyajikan
menganalisis hasil penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui
studi pustaka, pengamatan dan wawancara.
Hasil penelitian ini bahwa pemasaran syariah pada Ayam Potong Syariah
Marelan Raya Pasar V Medan menerapkan nilai ketuhanan (rabbaniyah), etis
(akhlaqiyah), realistis (al-waqiiyyah), dan humanistis (al- Insaniyah). Nilai-nilai
tersebut diaplikasikan ketika penetapan harga yang mengikuti harga pasaran dan
tidak membanting harga dengan tujuan untuk merusak pasar, promosi yang bukan
hanya bertujuan untuk menarik minat konsumen tetapi juga sekalian berdakwah
untuk mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi ayam yang halal melalui media
promosi seperti brosur, sosial media, dan pemasangan spanduk/ pamplet.
Pelayanan dari pemasar yang menerapkan etika pemasar syariah yang
ramah,sopan , komunikatif dan yang terakhir pelayanan tempat yang membuat
konsumen nyaman karena tempat pemasaran yang tidak bau karena dijaga
kebersihannya setiap hari.