Abstract:
Radio merupakan salah satu media yang efektif bagi masyarakat karena
jangkauannya yang luas dan dapat menembus berbagai lapisan masyarakat. Radio
sering ditempatkan sebagai media yang dapat menemani kegiatan sehari-hari para
pendengarnya. Melalui radio dihidangkan program siaran antara lain: hiburan,
iklan, berita, dan informasi-informasi lainnya yang tentu saja ditujukan selain
untuk menghibur tetapi pula untuk memberikan informasi dan edukasi kepada
pendengarnya. Sebuah stasiun radio tidak hanya bersaing dengan sesama radio,
namun juga bersaing dengan media yang lain seperti televisi, surat kabar, dan
majalah. Radio bisa digunakan sebagai sarana penyampaian informasi yang ingin
di ketahui oleh publik.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori komunikasi,
komunikasi massa, manajemen penyiaran, media massa, radio dan minta.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, infroman dalam
penelitian ini yakni Program Coordinator di I.Radio Medan. Teknik
pengumpulan data pada penelitian yakni melalui metode wawancara dan observasi
di lokasi penelitian. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan yaitu analisis
data deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh di lapangan, pola manajemen
penyiaran pada I.Radio Medan merupakan ketentuan yang telah ditetapkan oleh
manajemen I.Radio pusat akan tetapi I.Radio Medan tetap diberikan kebebasan
dalam menentukan materi siaran, penentuan penyiar dan menjalankan event baik
itu on air maupun off air dengan tetap berkordinasi dan diskusi dengan
manajemen pusat. Manajemen I.Radio Medan dalam menentukan program radio,
materi siaran dan penyiar disesuaikan kepada segmentasi pendengar yang ada
pada I.Radio Medan.