DSpace Repository

Motif dan Pola Penggunaan Media Sosial Instagram di Kalangan Mahasiswa (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan)

Show simple item record

dc.contributor.author Syahreza, Muhammad Fachri
dc.date.accessioned 2020-11-17T04:13:53Z
dc.date.available 2020-11-17T04:13:53Z
dc.date.issued 2017-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12476
dc.description.abstract Penelitian ini berjudul “Motif dan Pola Penggunaan Media Sosial Instagram di Kalangan Mahasiswa”. (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Unimed). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motif dan pola penggunaan Instagram di kalangan mahasiswa Unimed Fakultas Ekonomi program studi Pendidikan Ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah 490 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2014, 2015, 2016, 2017 yang merupakan pengguna Instagram dan aktif dalam perkuliahan. Sampel diambil 10% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 49 orang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Komunikasi Verbal, Komunikasi Non Verbal, dan Teori Uses and Gratification. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif yang merupakan suatu metode yang hanya menjelaskan dan memaparkan situasi atau peristiwa dan penelitian ini tidak mencari dan menjelaskan hubungan. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah teknik analisan data dengan melakukan tabulasi terhadapap hasil data angket yang telah diisi oleh responden, data yang diperoleh selanjutnya ditampilkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Berdasarkan hasil tabulasi data tersebut selanjutnya dilihat kecenderungan jawaban responden berdasarkan persentase dari masing-masing pilihan jawaban kemudian ditarik kesimpulan dari persentase jawaban tersebut. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa motif responden menggunakan Instagram adalah untuk “mencari kesenangan/hiburan”. Pola penggunaan Instagram di kalangan responden cenderung tidak teratur, namun berdasarkan hasil penelitian pola penggunaan Instagram pada umumnya terlihat dari frekuensi penggunaan sebanyak lebih dari 4 (empat), durasi kurang dari 1 (satu) jam, waktu penggunaan lebih banyak pada malam hari, konten paling banyak dilihat adalah foto tempat wisata dan video tutorial. en_US
dc.subject Motif en_US
dc.subject Pola en_US
dc.subject Instagram en_US
dc.title Motif dan Pola Penggunaan Media Sosial Instagram di Kalangan Mahasiswa (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account