Abstract:
Pegas daun adalah sebuah pegas yang berbentuk lempengan yang disusun
berlapis. Pegas daun umumnya digunakkan pada kendaraan ringan hingga berat.
Pegas daun terletak dibawah body chasis mobil yang berfungsi menopang beban
kendaraan. Kekuatan pegas daun dipengaruhi oleh suatu material pegas daun
tersebut, dalam hal ini merancarang suatu pegas daun dengan variasi geometri
dapat membedakan suatu nilai deformasinya dengan menggunakkan software
ansys. Persoalan perancangan dapat diselesaikan secara matematis dan numerik
dengan menggunakan software ansys, dalam hal ini perancangan pegas daun
dengan variasi geometri denganequivalen stress beban 43573 N, 22939 N, 42510
N. Pegasgeometri 1dihasilkan max 375,39Mpa, 722,95 Mpa,36,745 Mpa, 36,108
Mpa.Deformasi arah sumbu Z dengan beban 43573 N, 22939 N, 42510 N. Pegas
daun geometri 1 dihasilkan max 0,056595mm, 0,45251 mm, 0,17215mm, 0,18053
mm. Total deformasi dengan beban 43573 N, 22939 N, 42510 N. Pegas daun
geometri 1 dihasilkan max 2,99 mm, 6,5318mm, 0,17215mm, 0,18059
mm.simulasi melalui software ansys workbench