dc.description.abstract |
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya komunikasi interpersonal
dengan pelanggan sehingga terdapat indikasi penurunan minat beli pelanggan,
maka peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul: Pengaruh Komunikasi
Interpersonal Salesman terhadap Minat Beli Pelanggan pada PT. Cipta Niaga
Semesta. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya
pengaruh komunikasi interpersonal Salesman terhadap minat beli pelanggan pada
PT. Cipta Niaga Semesta. Bentuk penelitian ini kuantitatif dengan memakai tabel
tunggal dengan maksud mencari pengaruh antara variabel independent (X) dengan
variabel dependent (Y). Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin,
sehingga didapat jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 78 orang
pelanggan PT. Cipta Niaga Semesta. Penelitian ini menggunakan metode
Accidental Sampling dimana pengambilan sample dengan cara ini adalah dengan
cara mencari objek yang akan diteliti. Hasil penelitian menunjukkan seluruh hasil
pernyataan responden mengenai Komunikasi Interpersonal Salesman dalam
kategori tinggi adalah sebanyak 25 orang atau 32,0%, yang menyatakan dalam
kategori sedang adalah 46 orang atau 59% dan dalam kategori rendah adalah
sebanyak 7 orang yaitu 9%. Seluruh responden yang menyatakan Minat Beli
dalam kategori tinggi adalah sebanyak 27 orang atau 34%, yang menyatakan
dalam kategori sedang adalah sebanyak 38 orang atau 49% dan yang menyatakan
dalam kategori rendah adalah sebanyak 13 orang yaitu 17%. Dengan demikian
dapat diketahui bahwa Minat Beli di Kantor PT. Cipta Niaga Semesta termasuk
dalam kategori sedang yaitu sebesar 49%. Hasil uji korelasi produk moment
menunjukkan nilai r = 0,820, maka bila dihubungkan r dengan r tabel, lebih
dahulu dicari r tabel, dimana r tabel taraf signifikan 5% dengan n = 78 adalah
0,219. Dengan demikian nilai rxy hitung lebih besar dari nilai r tabel product
moment yaitu 0,820 > 0,219. Ini menunjukkan adanya hubungan antara variabel X
(Komunikasi Interpersonal Salesman) dengan variabel Y (Minat Beli). Hasil uji
signifikan yaitu r = 12,494 dan uji korelasi product moment r = 12,494>2,021 ini
berarti pengaruh Komunikasi Interpersonal Salesman terhadap Minat Beli di
Kantor PT. Cipta Niaga Semesta termasuk dalam kategori sedang sehingga
hipotesis yang diajukan dapat diterima dan terbukti kebenarannya. Nilai t hitung =
12,494 dan t tabel = 1.991. Dari hasil perhitungan dapat dilihat bahwa uji t hitung
lebih besar dari t tabel, (12,494 > 1,991). Maka Ha diterima artinya ini
membuktikan bahwa telah diperoleh hubungan antara Komunikasi Interpersonal
Salesman terhadap Minat Beli yang signifikan antara kedua variabel. |
en_US |