Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pesan iklan halal di
televisi terhadap keputusan pembelian produk Total Almeera di Kelurahan Tegal
Sari Mandala III. Teori dalam penelitian ini adalah Teori AIDDA. Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey,
informasi yang dikumpulkan dari responden dengan menggunakan instrumen
kuesioner. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Tegal Sari Mandala III
Lingkungan XIII Medan, dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden. Dari
hasil analisis korelasi product moment persons yang dilakukan, menunjukkan
bahwa hasil r hitung korelasi pengaruh pesan iklan halal di televisi dan keputusan
pembelian diperoleh nilai sebesar 0,264. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan
antara kedua variabel bernilai agak kuat, karena berada pada interval korelasi 0,20
sampai 0,40 seperti yang tercantum pada tabel 3.2 Interval koefisien Korelasi.
Dengan hasil yang dijabarkan dalam peneltian ini bahwa nilai r sebesar 0,264, hal
ini menunjukan bahwa nilai r > 0 maka telah terjadi hubungan linier positif maka
Ha diterima dan Ho ditolak.