dc.description.abstract |
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di RA ArRahmah
Desa Rahuning Kecamatan Rahuning Kabupaten Asahan Tahun Ajaran 2017/2018 pada
kelompok B dengan jumlah 15 Anak, terdiri dari 6 orang anak perempuan dan 9 orang anak laki-laki.
Tujuan penelitian ini adalah untuk kemampuan berbahasa anak melalui metode bernyanyi, terdiri dari
kemampuan anak dalam menyimak kata-kata, kemampuan anak dalam mengucapkan kata-kata, dan
kemampuan anak dalam mengekspresikan kata-kata. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus.
Untuk setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setelah penelitian
tindakan kelas dilakukan sampai siklus III, diperoleh hasil bahwa kemampuan anak menyimak katakata
berkembang sesuai harapan 33%, berkembang sangat baik 66,66%. Kemampuan anak
mengucapkan kata-kata berkembang sesuai harapan 33,33%, berkembang sangat baik 46,66%.
Kemampuan anak mengekspresikan kata-kata berkembang sesuai harapan sebesar 40%, berkembang
sangat baik 46,66%. Total ketuntasan belajar anak sebesar 88,88%, hal ini jauh meningkat jika
dibandingkan dengan pra siklus 33,33%, Siklus I 46,66% dan siklus II 66,66%. Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa, kemampuan berbahasa anak dapat meningkat setelah dilaksanakan proses
pembelajaran dengan menggunakan metode bernyanyi dengan tingkat ketuntasan sebesar 88,88%. |
en_US |