dc.description.abstract |
Kegiatan komunikasi pemasaran merupakan salah satu bentuk kinerja
seorang Public Relation dalam sebuah perusahaan dimana kegiatan komunikasi
pemasaran bertujuan untuk menciptakan, memperkenalkan, dan menyerahkan
segala hal yang memiliki nilai dari produsen kepada konsumen. Usaha
memenangkan persaingan, perusahaan harus memiliki konsep strategi komunikasi
pemasaran yang tepat dan efektif agar sukses dipasar dan mampu menghadapi
persaingan yang semakin kompetitif sehingga bisa meningkatkan brand
awareness. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan,
menganalisa data dan mendapatkan informasi-informasi mengenai kegiatan
strategi komunikasi pemasaran PT. Nutricia Indonesia Sejahtera Medan dalam
meningkatkan brand Bebelac Gold.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif adalah sebagai prosedur
penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan
dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Metode pengumpulan data
pada penelitian ini dilakukan secara langsung dengan penelitian langsung
lapanngan dengan menggunakan studi observasi, wawancara dan dokumentasi
untuk mendapatkan informasi secara detail dari narasumber. Narasumber dalam
penelitian ini adalah karyawan bagian Field Fundamental Bisnis Manager dan
Field Fundamental Channel Manager.
Berdasarka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam
menetapkan strategi komunikasi pemasaran, divisi sales marketing melakukannya
dalam beberapa tahapan, yaitu menentukan tujuan, melakukan analisa pasar,
analisis SWOT, menetapkan Segmentasi Targeting Positioning, merancang pesan,
menentukan bentuk bauran komunikasi pemasaran yang dipilih dan disesuaikan
dengan anggaran yang tersedia dan berdasarkan agenda yang telah dibuat diawal
tahunnya. Dengan diterapkannya strategi komunikasi pemasaran ini, diharapkan
brand image produk Bebelac Gold dapat meningkat dan market share bias naik |
en_US |