dc.description.abstract |
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Latar belakang penelitian ini
berdasarkan pengamatan peneliti sebagai guru di RA Al-Arifin Rahuning Kabupaten Asahan
bahwa rasa percaya diri anak masih rendah, terlihat bahwa anak masih bergantung kepada
orang lain, anak tidak dapat bersosialisasi dengan berbagai kondisi, anak belum memiliki
pengendalian diri yang baik, tidak saling menghargai antar sesama manusia, tidak mampu
menghadapi berbagai permasalahan, dan tidak berani melakukan sesuatu atau mengeluarkan
pendapat. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah “Apakah melalui metode bermain
peran dapat meningkatkan rasa percaya diri pada anak RA Al-Arifin Rahuning Kabupaten
Asahan”?. Tujuan penelitian ini adalah untuk rasa percaya diri anak melalui metode bermain
peran pada anak RA Al-Aifin Rahuning Kabupaten Asahan. Berdasarkan hasil penelitian dan
pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa upaya meningkatkan rasa percaya diri
anak melalui metode bermain peran pada anak RA Al-Arifin Rahuning Kabupaten Asahan
dapat ditingkatkan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata
dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan
ketentuan keberhasilan minimal anak adalah BSH maka dapat dirata-ratakan peningkatan
keberhasilan pada anak yaitu pada pra siklus 21,9%, selanjutnya siklus I rata-ratanya adalah
42,2%, pada siklus II terjadi peningkkatan dengan rata-rata, 85,9%, selanjutnya pada siklus
III rata-rata yang diperoleh anak adalah 93,75%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat
dinyatakan bahwa penelitian yang telah dilakukan melalui metode bermain peran dapat
meningkatkan rasa percaya diri anak usia dini |
en_US |