dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kreatifitas anak di
RA Darul Ulum Perdagangan. Penerlitian ini bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan kreatifitas anak melalui media buku ceriata bergambar di RA Darul Ulum
Perdagangan. Penelitian ini dilakukan di RA Darul Ulum Perdagangan. Subjek dalam
penelitian ini adalah anak-anak RA Darul Ulum Perdagangan yang berjumlah 15
orang anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Jenis penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari tiga siklus dengan tahapan
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan teknik analisis
data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif sederhana. Berdasarkan hasil
penelitian diketahui bahwa melalui media buku cerita bergambar dapat meningkatkan
kemampuan kreatifitas anak. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya
peningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus dan setelah
dilakukan tindakan kelas. Berdasarkan ketentuan minimal anak adalah BSH maka
dapat dirata-ratakan peningkatan kemampuan kreatifitas anak yaitu pada pra siklus
23,3 %, selanjutnya siklus 1 rata-ratanya 48,3%, siklus 2 rata-ratanya 71,6% dan pada
siklus 3 rata-rata yang diperoleh anak adalah 93,3%. Berdasarkan hasil penelitian
tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui media buku cerita bergambar dapat
meningkatkan kemampua kreatifitas anak di RA Darul Ulum Perdagangan |
en_US |