Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
terhadap minat nasabah menabung emas pada PT. Pegadaian Syariah Cabang
Setia Budi Medan. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah
kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat nasabah untuk menabung emas
pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Setia Budi Medan dan bagaimana pengaruh
kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat nasabah untuk menabung emas
pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Setia Budi Medan. Populasi dalam penelitian
ini adalah nasabah pengguna tabungan emas PT. Pegadaian Syariah Cabang Setia
Budi Medan sebanyak 770 nasabah. Adapun metode sampel yang digunakan
adalah metode incidental sampling dengan jumlah responden 77 orang. Dalam
penelitian ini metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket.
Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi
linier sederhana. Kemudian diolah melalui program computer SPSS versi 22.0.
Berdasarkan hasil uji t kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap minat
menabung sesuai dengan hasil uji t sebesar 1.700 > 1.665 dengan R Square
sebesar 0,037 atau 3,7% menunjukkan sekitar 3,7% variabel kualitas pelayanan
dipengaruhi oleh minat menabung. Sementara sisanya sebesar 9,3% dipengaruhi
oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.